Notification

×

Iklan

Iklan

SMK Kusuma Atambua Jadi Tuan Rumah Dalam Latgab Pramuka II

Minggu, 23 Juni 2024 | 10:26 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2024-06-23T02:26:43Z

Atambua, SMK Swasta Katolik Kusuma Atambua menjadi tuan rumah dalam kegiatan pramuka gabungan II pada, Rabu 19 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh gugus depan (gudep) seputar kota Atambua, bukan saja tingkat SMA/SMK (tingkat penegak) melainkan tingkat SMP (tingkat penggalang) pun ikut hadir. Mulai dari SMA Seminari Lalian, SMK Negeri 3 Atambua, SMKS Katolik Kusuma Atambua, SMKS St.Yosef Nenuk, SMAN 1 Tasifeto Barat, SMAN 2 Tasifeto Barat, SMP Negeri 1 Atambua, serta SMPK HTM Halilulik.


Pada kesempatan berharga kali ini, SMKS Katolik Kusuma Atambua, meminta bantuan kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1605/Belu untuk membantu menyiapkan tempat pelaksanaan kegiatan.
Sehingga kegiatan ini diawali dengan upacara bersama yang dilaksanakan di lapangan hitam Kodim dan dilanjutkan di Kompi Senapan B Batalyon Infantri (Yonif) 744/SYB.

Berbeda dari latihan sebelumnya, kali para peserta menerima materi secara langsung dari para tentara-tentara. Materi yang diperoleh mulai dari, Navigasi darat (NAVRAT), pengukuran tinggi menggunakan tongkat pramuka, pengepakan ransel, rayapan tali, PBB, hingga syarat kecapan umum (SKU).

Dalam sambutannya CH. Carmel Betang S. Ip, selaku Waka II Kwartir Cabang Belu memberikan ucapan terimakasih kepada komandan serta anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 1605/Belu dan komandan serta anggota Kompi Senapan B Batalyon Infantri (Yonif) 744/SYB yang menyambut baik kegiatan pramuka kali ini, dengan bukan saja memberikan tempat yang layak untuk digunakan tetapi juga menyiapkan  pelatih-pelatih yang membantu memberikan materi.

Ia juga merasa senang dan bangga karena  bergabungnya banyak sekolah dalam kegiatan kali ini. Sebab kegiatan yang dibuat bukan saja berguna untuk melatih mental peserta tetapi juga menguatkan tali persaudaraan diantara peserta

Kegiatan kali ini juga mendapat dukungan secara langsung dari pemerintah Kabupaten Belu. Hal ini terbukti dengan hadirnya Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin dan Aloysius Haleserens di tempat berlangsungnya kegiatan. Kehadiran mereka membuat suasana semakin ramai. Tak hanya datang sebagai penonton, mereka pun ikut ambil bagian dengan bersama membagikan pengalaman serta memberi motivasi agar seluruh peserta semakin semangat mengikuti kegiatan serupa, karena kegiatan pramuka memiliki banyak manfaat khususnya untuk melatih mental peserta agar disiplin serta bertanggung jawab.

Akhir dari kegiatan ini adalah upacara penurunan bendera Merah Putih yang diikuti  oleh seluruh peserta pramuka.

Penulis : Mysheila Bere
Editor    : Nixon Tae
×
Berita Terbaru Update