Notification

×

Iklan

Iklan

SMK Kusuma Atambua Gelar Pentas Seni Sebagai Ujian Praktek

Minggu, 09 Juni 2024 | 6:29 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2024-06-09T10:29:42Z
Pegelaran Karya Seni Tari
Penulis : Myshela Bere
Editor   : Nixon Tae
Atambua, TE|| SMK Swasta Katolik Kusuma Atambua melakasankan ujian praktek seni budaya melalui pagelaran seni rupa, seni musik dan seni tari pada sabtu 8 juni  2024.
Kegiatan itu berjalan lancar bertempat di aula sekolah induk SMKS Katolik Kusuma Atambua. Kegiatan pagelaran ini dilakukan oleh kelas X busana 2, X busana 3 dan X busana 5 tahun pelajaran 2023/2024 yang difasilitator Vinsensia Grosalia Lake S.Ag selaku guru seni budaya SMKS Katolik Kusuma Atambua.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih mental siswa-siswi sehingga mereka berani tampil di panggung, serta tidak takut menunjukan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Pagelaran yang dibuat disaksikan oleh semua siswa serta guru-guru.
Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif guru bidang studi karena melihat peserta didik yang sebenarnya memiliki potensi, namun sudah hampir tidak diperhatikan. Sehingga dengan adanya kegiatan ujian praktek ini potensi tersebut dapat dihidupkan kembali serta dikembangkan.

Pada kesempatan berharga ini, siswa- siswa tampil memukau menunjukan bakat serta kemampuan yang dimiliki. Beragam kegiatan ditampilkan mulai dari vokal solo, duet, vokal grup, tarian kreasi yang terdiri dari tari berpasangan dan tari kelompok serta dance. Tak hanya itu, terdapat pertunjukan karya seni rupa yang berupa lukisan dari dua orang peserta didik.

Berbeda dari ujian praktek lainnya, kali ini kegiatan yang dilaksanakan dibuat begitu meriah. Siswa-siswi berpartisipasi aktif bukan hanya menampilkan karya-karya seni namun  juga dilatih untuk bisa mengurus jalannya acara dari awal hingga akhir. Hal ini ditandai dengan pembentukan panitia serta seksi-seksinya. Mulai dari ketua panitia, sekertaris, bendahara, 3 master of ceremony (MC) yang memandu jalannya acara, seksi dekorasi, seksi perlengkapan, pengurus sound sistem, seksi dokumentasi, seksi keamanan, dan tak lupa seksi konsumsi. Semua panitia diambil dari kelas yang melaksanakan ujian praktek.

Dalam ucapannya, Vinsensia Lake selaku guru mata pelajaran mengaku bangga karena melihat banyak anak yang selama ini memendam bakat yang dimiliki namun pada hari itu tampil dengan begitu bagus sehingga patut diapresiasi.
"Saya sangat bangga ternyata kalian punya bakat yang selama ini dipendam dan hari ini segelintir kelas tampil begitu bagus. Ini menunjukan bahwa kalian punya bakat dan kemampuan yang patut diapresiasi," ungkapnya.

Ia juga berpesan agar siswa-siswi tidak berhenti untuk mengembangkan talenta-talenta yang sudah Tuhan berikan serta terus berjuang untuk mengasah kemampuan lewat karya-karya seni.

"Pesan ibu, jangan berhenti untuk mengembangkan talenta-talenta yang sudah Tuhan berikan sebab talenta yang dimiliki itu begitu untuk berkat berharga yang harus di kembangkan. Terus berjuang, terus berusaha untuk mengasah keterampilan, kemampuan lewat karya- karya seni," tambahnya.

Penulis : Myshela Bere
Editor   : Nixon Tae
×
Berita Terbaru Update