Notification

×

Iklan

Iklan

PNK Gelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dan Wisuda Sarjana Terapan dan Ahli Madya ke-XXI

Minggu, 30 Juni 2024 | 9:52 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2024-06-30T01:52:27Z

KUPANG,TE|| Pada Sabtu, 29 Juni 2024, Politeknik Negeri Kupang (PNK) menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa bersamaan dengan acara wisuda Sarjana Terapan dan Ahli Media ke-XXI. Sebanyak 473 orang wisudawan turut memeriahkan acara tersebut.


Upacara dimulai dengan penuh khidmat saat Senat memasuki ruangan wisuda sambil menyanyikan Indonesia Raya secara bersama-sama, diikuti dengan pengheningan cipta yang dipimpin oleh Ketua Senat PNK.

Sambutan dari Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Daerah (Sekda NTT), Dr. Flouri Rita Wuisan, M.M., menegaskan peran penting para wisudawan sebagai agen perubahan dalam masyarakat, serta mengajak untuk berkolaborasi demi kemajuan daerah dan bangsa.

Pembukaan resmi Rapat Senat Terbuka Luar Biasa ini dilakukan oleh Fredrik Paulus Noach, ST., M.Cs., selaku Ketua Senat PNK, dengan penuh penghormatan. Dr. Melsiani Rosdiani Fillipin Saduk, ST., MT., Ph.D., menyampaikan Orasi Ilmiah dengan tema "Soft Gripper dan Masa Depan Pertanian: Inovasi, Keberlanjutan, dan Nilai Manusia," yang menjelaskan konsep gripper konvensional serta potensi implementasi teknologi soft gripper di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam orasinya, Dr. Melsiani Rosdiani Fillipin Saduk, ST., MT., Ph.D., menggambarkan "gripper sebagai komponen krusial dalam sistem robotika yang berfungsi seperti tangan manusia untuk menangani atau menggenggam objek. Gripper ini, yang juga dikenal sebagai 'soft actuator' atau 'soft finger', dirancang untuk mempermudah manipulasi benda dengan teknologi yang lebih fleksibel dan responsif."

Sebagai penutup, Dr. Melsiani mendorong para wisudawan untuk terus berjuang membawa perubahan positif bagi masyarakat, sebagaimana teknologi soft gripper yang awalnya hanya benda material namun dapat difungsikan secara optimal untuk kemanfaatan bersama. Ir. Frans Mangngi, ST., M.Eng.IPM, Direktur Politeknik Negeri Kupang (PNK), menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi para wisudawan dan wisudawati dalam sambutan tertulisnya,

"Para wisudawan dan wisudawati yang saya hormati, Anda semua adalah bukti nyata bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan semangat pantang menyerah, segala hal yang diinginkan dapat dicapai. Proses pembelajaran di Politeknik Negeri Kupang tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter dan sikap profesional. Anda semua telah melewati ujian dan tumbuh sebagai individu yang siap bersaing di pasar kerja global. Anda telah menempuh perjalanan panjang untuk meraih gelar Sarjana Terapan dan Ahli Madya. Saat ini, Anda bukan hanya lulusan yang terampil, tetapi juga individu yang dilatih untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia nyata."

"Kepada orang tua dan keluarga yang turut hadir hari ini, kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kasih sayang yang telah Anda berikan kepada para wisudawan dan wisudawati kami. Kehadiran Bapak/Ibu di sini memberikan kehangatan dan semangat tambahan pada acara ini."

Acara juga menampilkan momen penting lainnya, seperti penyerahan Sertifikat Tanda Hak Paten inovasi kepada dosen-dosen PNK yang telah mencatat pencapaian signifikan dalam pengembangan teknologi, seperti "SISTEM PENGENDALI AIR TENAGA SURYA", "DRUM UAP UNTUK PEMBUATAN GARAM LAUT", "PINTU AIR YANG DAPAT MEMBAGI AIR SECARA OTOMATIS", dan "MESIN MENEPUNG GAPLEK DENGAN MENGGUNAKAN PISAU CACAH SEJAJAR SUMBU POROS CACAH."

Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan, Polycarpus Muga, S.Sos, membacakan Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Kupang nomor 247 Tahun 2024 tentang Lulusan Sarjana Terapan dan Ahli Media periode Juni tahun 2024. Dalam pembacaan tersebut, disampaikan hasil yudisium untuk Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Administrasi Bisnis, Akuntansi, dan Pariwisata di lingkungan Politeknik Negeri Kupang. Sebanyak 20 wisudawan terbaik dengan nilai IPK tertinggi dari total 473 wisudawan dan wisudawati juga diumumkan dalam acara tersebut, yang kemudian diikuti dengan pengukuhan oleh Direktur Politeknik Negeri Kupang.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Sarjana Terapan dan Ahli Madya ke-XXI ditutup dengan pengetukan palu oleh Ketua Senat PNK, Fredrik Paulus Noach, ST., M.Cs.

Para hadirin yang terhormat, termasuk Pimpinan DPRD Provinsi NTT, DPRD Kabupaten dan Kota Kupang, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, serta Pimpinan TNI/POLRI, Kepala Kejaksaan Tinggi NTT dan Kejaksaan Negeri Kota/Kabupaten Kupang, juga Pimpinan dari BUMN, Perusahaan Swasta, dan Bank yang menjadi mitra PNK. Turut hadir pula Ketua, Sekretaris dan Anggota Senat PNK, serta Wakil Direktur I PNK, Dr. Ir. Mechior Bria, ST., MT., IPM; Wakil Direktur II PNK, Dr. Donny Teguh Santoso Junias, SE., MM; Wakil Direktur III PNK, Jamesrado Sine, ST., M.Eng.; serta Kabag. Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan PNK, serta para Kabag dan Kasubag di PNK

Acara akhirnya ditutup dengan doa penutup yang disampaikan oleh Pdt. Jacky Latupeirissa, S.Th., M.A.

Editor : Nixon Tae
Sumber: HUMAS PNK
×
Berita Terbaru Update