Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Hari Pancasila SMK Kusuma Atambua Ikut Kegiatan Pramuka di SMA Seminari Lalian

Jumat, 24 Mei 2024 | 10:14 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2024-05-24T02:14:58Z

 

Kegiatan Pramuka Gabungan SMK dan SMA Kwartir Cabang Belu di SMA Seminari Lalian. (23/05/2024).
 Penulis : Mysheila Bere
Editor    : Nixon Tae

Atambua,TE|| SMKS Katolik Kusuma Atambua ikut ambil bagian dalam kegiatan latihan pramuka gabungan pada Kamis, 23 Mei 2024 yang diadakan di lapangan Seminari Lalian Nenuk. Memenuhi undangan tersebut, SMKS Katolik Kusuma Atambua mengutus 10 peserta didik mewakili gugus depan SMKS Katolik Kusuma Atambua. Kegiatan ini diadakan untuk menyambut hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni.

Selain itu, guna membentuk karakter peserta didik sehingga kedepannya dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang bertanggung jawab. Terdapat beberapa gugus depan yang ikut begabung dalam kegiatan ini, SMA Seminari Lalian, SMK Negeri 1 Atambua, SMA Stela Gratia Atambua, SMA Negeri 2 Tasbar, SMK Santo Yoseph Nenuk dan SMKS Katolik Kusuma Atambua.

Kali ini Seminari Lalian mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah.  Dalam ucapannya Romo Daniel Manek Makbalin,Pr selaku pembina gugus depan Seminari Lalian, mengaku senang dan bangga atas kunjungan beberapa gugus depan yang begabung pada kegiatan itu.

"Saya sangat senang dan bangga karena walaupun kami (Seminari) baru memulai lagi kegiatan seperti ini, namun banyak Gudep yang hadir menghargai undangan dari kami," ungkap Rm. Daniel.
Romo Daniel bersama peserta Pramuka Gudep SMKS Katolik Kusuma Atambua dan Gudep Seminari Lalian.
Ia juga berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan bukan saja hanya di Gudep Seminari Lalian, namun juga di gudep-gudep lain sehingga peserta pramuka dapat terus berkenalan dan besrsosialisasi serta belajar hal-hal baru dari teman gudep lain, apalagi melihat bahwa pramuka di NTT masih sangat kurang berkembang.  Menurut Rm. Daniel mengatakan bahwa, jika anak-anak terus semangat dan tekun dalam pramuka masa depan mereka pasti baik dan tidak diragukan lagi. Ia menerangakan, tentunya kegiatan seperti  ini memberikan dampak yang baik. Seluruh peserta  pramuka mendapatkan banyak materi dan pengalaman baik melalui pembina-pembina maupun teman-teman yang datang dari gugus depan yang berbeda. Apalagi kegiatan ini dibina secara langsung oleh  Bapak CH. Carmel Bantang S. Ip yang merupakan Waka 2 Kwarcap Belu (Ketua Bidang Bina Muda). Beragam materi diberikan, mulai dari Upacara Penegak yang benar, kode sandi, parade kebanggsaan, materi SAR hingga membuat tanduh.
Tak hanya itu seluruh peserta diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan teman lain melalui permainan-permainan yang seru.

Pada kesempatan itu CH. Carmel Bantang S. Ip yang merupakan Waka 2 Kwarcap Belu (Ketua Bidang Bina Muda) Carmel, berharap agar kedepannya banyak yang menggabungkan diri dalam kegiatan serupa.
"Semoga kedepannya semua anak pramuka dapat berkecimpung dan menggabungkan diri sebab pramuka bukan soal TKU atau seragamnya tapi bagaimana ia mau mengorbankan waktunya untuk berlatih diri dan apa yang dipelajari dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Lanjutnya, pramuka di Indonesia memang sudah berkembang pesat namun di NTT masih sangat tertinggal karena banyak faktor. Salah satu faktor yaitu kurangnya anggaran untuk melakukan event-event serta sarana dan prasarana yang jauh dari harapan.

Sehingga kedepannya dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini mengatasi masalah tersebut dapat teratasi.  Ia berharap agar pemimpin masa depan berasal dari anak-anak pramuka. " Semoga kedepannya pemimpin-pemimpin adalah anak-anak yang sejak usia dini sudah mengikuti pembinaan karakter agar mereka menjadi pemimpin yang tidak mudah putus asa (frustasi)," pintanya.**

×
Berita Terbaru Update