Notification

×

Iklan

Iklan

"Jangan Panggil Aku Tiles" Puisi Olga Clara Soares

Sabtu, 29 April 2023 | 9:51 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-04-29T13:51:19Z

Kupang,Timorexotic.com|| Salah satu siswi SMA Negeri 2 Kupang Timur, Olga Clara Soares mengungkap perasaanya yang terpendam selama ini, melalaui sebuah puisi berjudul "Jangan Panggil Aku Tiles" hal ini karena selalu di panggil Tiles (Timor Leste) oleh orang-orang terdekatnya.


Puisi itu dibacakan oleh Olga Ketika mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang. Jumat, 28 April 2023.


Lantunan suara Olga, saat membacakan puisi penuh penghayatan, membuat mata para juri terpana dan suasana hening seketika. Para juri dan penonton yang hadir pada festival itu, mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto dan video.

        "Jangan Panggil Aku Tiles"


Semesta menulis takdirnya Tanpa Kompromi


Mengagetkan Mimpi yang Harmoni 


Lalu terdengar Teriakan Jajak Pendapat Yang Sekarat


Aku Nelangsa Menemui Hidup Yang Miris


Padat, Sarat dan Melarat


Kami Tentu Tak Tinggal Menetap


Kami Warga Baru Yang Akrab Dengan Stigma 


Manusia Kasar, Beringas, Penuh Amarah dan Kasar


Kami Bersama Tapi Terbeda Oleh Perbedaan 


Kami Tiles dan Mereka Lokal 


Padahal Demi Cinta Kami Pada Negara Indonesia


Membuat Kami Rela Menikmati Camp Camp Pengungsian 


Lantai-Lantai Rumah Kami Beralas Tanah


Bahkan Tak Jarang Kami Menatap Langit Dari Atap Rumah Kami


24 Tahun Kami Berlalu Kami Tetap Dianggap Tiles 


24 Tahun Berlalu Kami Tetap Dipanggil Pengungsi


Tanah Ladang Kami Mencari Sesuap Nasi Hanya Pinjaman


Dan Kami Tak Mendapat Hati Yang Tulus Menerima 


Aku Indonesia Kita Indonesia 


Kami Bagian Yang Terucap Dalam Bhineka Tunggal Ika


Aku Cinta Bangsaku, Aku Cinta Negeriku


Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia.


Olga Soares, gadis asal Manatuto, Suku Fatumakerek Laclubar ketika diwawancarai wartawan mengatakan puisi yang ditulisnya berangkat dari pengalamannya sehari sehari. Ia merasa sedih karena masih dipanggil Tiles (Timor Leste)/padahal merupakan warga Indonesia yang sah.


" Sakit hati Kaka karena bagi Kami tetap Timor Leste walaupun kami sudah lama menetap di Indonesia. Tapi tetap kami di sebut warga yang mengungsi di Indonesia padahal kami juga mau di sebut anak Indonesia bukan Timor Leste atau Timor Timur," ujar Siswa Kelas X Yang memilik Cita-Cita Jadi Penulis.


Meski Demikian Pengagum Chairil Anwar ini tidak berkecil Hati. Ia Tetap akan terus mencintai Indonesia Tanpa Henti meski sebutan Pengungsi masih kerap terdengar dalam kesaharian. 


Manuel Antonio Gusmao, yang juga pemuda kelahiran Timor Leste dan kini telah menyelesaikan pendidikanya di Indonesia (Kota Kupang), mengungkapkan puisi yang dibawakan Olga sangat mewakili semua yang dialami selama ini.


"Sangat menentuh hati saya sampai merinding menonton video hasil puisinya ini. Terharu sampai sedih, apa yang adik kutip dalam isi puisi itu semua benar fakta adanya. Minta maaf sebelumnya untuk semua, selama ini terkadang ada yang menganggap kami kasar brutal, bahkan lebih mirisnya lagi kami di panggil dengan sebutan EX TIMOR-TIMUR, warga baru dan anak pengungsi,' ungkap Gusmao ketika menanggapi vidio puisi Olga.


Lanjutnya, padahal kalau dilihat dari sejarah kami sampai di Indonesia itu karena kecintaan tulus kami kepada Indonesia, sehingga kami merelakan keluarga harta benda dan segalanya kami tinggalkan, hanya demi Indonesia, kami adalah Indonesia janganlah panggil kami Tiles (Timor Leste),' ucap Gusmao. 


Terpaksah, salah satu Anggota Laskar Muda Indonesia Timur, Gasper Pinto Menanggapi Video Puisi Yang beredar ini. Menurutnya Kami Generasi Muda Sebenarnya Tidak mau lagi di sebut Tiles atau eks tim tim Apalagi Pengungsi Tiles.


"Dikarenakan yang kami dari awalnya adalah 100% WNI (Warga Negara Indonesia) entah prosesnya seperti apa Provinsi Timor Timur Merdeka itu urusan Para Pelaku Politik dulu, yang kami ketahui dan semua harus Tahu Kami Lahir Sebagai Warga Indonesia! lantas kenapa bahasa tersebut Disematkan kepada kami?," ujarnya.


Ia berharap penyebutan Eks Timor Timur atau Pengungsi atau Tiles tidak lagi ada dalam kehidupan sehari-hari.


" Jadi kami mohon untuk seluruh warga Indonesia bahasa tersebut sebaiknya tidak di pakai untuk kami, kami tidak ingin mengemis kalian menerima kami sebagai bagian dari Indonesia tapi memang kami dari awalnya Warga Negara Indonesia, dengan sebutan anak Indonesia Timur, biarkanlah para pejuang yang menyebut Nama mereka Ex Pejuang Timor Timur," kata Gasper Pinto.**

×
Berita Terbaru Update