Notification

×

Iklan

Iklan

Alat Penyulingan Air Laut Jadi Air Sehat di Malaka, Diresmikan Gubernur VBL

Sabtu, 15 April 2023 | 10:04 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-04-15T02:06:40Z

Malaka,Timorexotic.com|| Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meresmikan alat penyulingan air laut jadi air sehat di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, didampingi Bupati Malaka Simon Nahak. Jumat (14/04/23). 


Pada saat peresmian itu, Gubernur VBL mengatakan alat penyulingan air laut menjadi air sehat ini dapat meningkatkan kesehatan bagi masyarakat Desa Umatoos.


Gubernur Viktor dan Bupati Simon disaksikan masyarakat Desa Umatoos secara simbolis meresmikan dan meminum langsung dari keran air hasil penyulingan air laut menjadi air sehat dengan Sistem Osmosis Balik atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO). 

"Air sehat ini terbebas dari zat kapur, jernih dan bersih sehingga masyarakat yang mengkonsumsi dapat terbebas dari penyakit. Kedepan saya harapkan semua Desa bisa mengkonsumsi air sehat seperti ini," ungkap Gubernur Viktor 


Di kesempatan yang sama, Bupati Simon Nahak dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTT atas tersedianya alat penyulingan air Sistem SWRO di Desa Umatoos. 


"Alat penyulingan air Sistem SWRO ini kiranya dapat dijaga dengan baik oleh masyarakat Desa Umatoos. Kemudian Saya minta jagalah alam sekitarnya sebaik-baiknya karena inilah kekayaan kita. 

Kita punya pemimpin yang tidak lelah berbuat baik karena itu kita pun wajib menjaga semua bentuk dukungan Pemerintah Provinsi serta menjaga  lingkungan yang dimulai dari diri kita sendiri." ungkap Bupati. 


Kepala Desa Umatoos Sergius F. Klau, mengungkapkan syukur dan apresiasi atas tersedianya alat penyulingan air laut di Desa ini. 


"Dalam kunjungan sebelumnya Gubernur NTT hadir di Desa ini dan menyampaikan kewajiban konsumsi air bersih bagi semua Desa, sesuatu yang sebelumnya sulit kami peroleh sebagai masyarakat pinggir pantai dan hari ini kita saksikan langsung peresmian alat penyulingan air laut menjadi bukan cuma air bersih tetapi juga air sehat untuk dikonsumsi oleh kami warga Desa Umatoos, karena itu atas nama masyarakat Desa Umatoos kami menyampaikan terima kasih dan kebanggaan atas tersedianya air sehat di Desa ini." 


Lebih lanjut beliau menyampaikan Desa Umatoos selain memiliki harapan baru berupa alat penyulingan air juga kaya akan potensi pariwisata. Untuk diketahui Desa ini adalah penghasil udang terbesar di Kabupaten Malaka, daya tarik pasir putih di pantai Abudenok dan hutan pohon cemara seluas 10 Km.**

×
Berita Terbaru Update